Minal Aidin Wal Faizin Mohon Maaf Lahir dan Batin Selamat Hari Raya Idul Fitri. Semoga hari kemenangan ini membawa kehangatan dan kedamaian bagi seluruh insan di dunia. Selamat Hari Raya. Semoga Idul Fitri kita mendapat limpahan berkah oleh Allah. Mari kita rayakan dengan menebar cinta dan kebahagiaan kepada sesama. Eid Mubarak 2024! May this Eid be the best one yet for all of us. Selamat Hari Raya Idul Fitri. Semoga Idul Fitri tahun ini menjadi yang terbaik bagi kita semua.

Artikel/Berita

HIKMAH

Doa Akhir dan Awal Tahun Hijriyah: Arab, Latin, dan Terjemahannya, Beserta Waktu yang Mustajab

Admin TB

18 Juli 2023 04:50:26

1.032 Kali Dibaca

Sebagai Umat Muslim dianjurkan bersiap-siap untuk menyambut kedatangan Tahun Baru Islam 2023. Penting untuk diketahui bahwa Tahun Baru Islam, atau 1 Muharram 1445 Hijriah Insyaallah akan tiba pada hari Rabu, 19 Juli 2023. Dalam menjelang momentum Tahun Baru Islam ini, umat Muslim dianjurkan untuk melafalkan doa akhir tahun dan doa awal tahun yang memiliki makna mendalam serta harapan yang kuat.

Doa awal tahun ini dibaca sebanyak 3 kali sebagai rangka penyambutan tahun baru. Melalui doa ini, harapannya adalah agar pembaca meraih berkah dan rahmat Allah yang melimpah pada tahun baru yang akan datang.

Baca Juga: Menuju Keberkahan Tanah Suci: Mengenal 3 Amalan yang Setara Pahala Haji dan Umrah

 

Berikut adalah doa akhir tahun dan doa awal tahun:

Doa Akhir Tahun

اَللّٰهُمَّ مَا عَمِلْتُ مِنْ عَمَلٍ فِي هٰذِهِ السَّنَةِ مَا نَهَيْتَنِي عَنْهُ وَلَمْ أَتُبْ مِنْهُ وَحَلُمْتَ فِيْها عَلَيَّ بِفَضْلِكَ بَعْدَ قُدْرَتِكَ عَلَى عُقُوْبَتِيْ وَدَعَوْتَنِيْ إِلَى التَّوْبَةِ مِنْ بَعْدِ جَرَاءَتِيْ عَلَى مَعْصِيَتِكَ فَإِنِّي اسْتَغْفَرْتُكَ فَاغْفِرْلِيْ وَمَا عَمِلْتُ فِيْهَا مِمَّا تَرْضَى وَوَعَدْتَّنِي عَلَيْهِ الثَّوَابَ فَأَسْئَلُكَ أَنْ تَتَقَبَّلَ مِنِّيْ وَلَا تَقْطَعْ رَجَائِيْ مِنْكَ يَا كَرِيْمُ

Allahumma maa 'amiltu min 'amalin fi haadhihis-sanati maa nahaaytanii 'anhu wa lam atub minhu wa halumta fiiha 'alayya bifadhlika ba'da qudratika 'alaa 'uqubatii wa da'awtanii ilaa at-taubati min ba'di jaraaitii 'alaa ma'siyatika, fa innii astaghfiruka faghfirlii wa maa 'amiltu fiiha mimmaa tardhaa wa wa'adtanii 'alaihi ath-thawaaba, fa as'aluka an tataqabbala minnii wa laa taqtha'a raajaaii minka yaa kariim.

Artinya, "Ya Allah, aku mohon ampun atas kesalahan-kesalahan yang aku lakukan dalam tahun ini yang termasuk dalam larangan-Mu, padahal aku belum sempat bertaubat. Aku juga memohon ampun atas dosa-dosa yang Engkau maklumi karena kemurahan-Mu, padahal Engkau mampu untuk menghukumku. Aku sadar bahwa aku telah melanggar perintah-Mu untuk bertaubat, yang berarti aku telah mendurhakai-Mu. Ya Allah, harapanku adalah agar Engkau menerima amal perbuatan yang Engkau ridhai dari tahun ini dan memberikan pahala yang telah Engkau janjikan. Janganlah Engkau membuatku merasa putus asa. Ya Allah, Engkau Maha Pemurah."

Baca Juga: Gempa Bumi: Antara Perspektif Ilmiah dan Teologis Islam

 

Doa Awal Tahun

اَللّٰهُمَّ أَنْتَ الأَبَدِيُّ القَدِيمُ الأَوَّلُ وَعَلَى فَضْلِكَ العَظِيْمِ وَكَرِيْمِ جُوْدِكَ المُعَوَّلُ، وَهٰذَا عَامٌ جَدِيْدٌ قَدْ أَقْبَلَ، أَسْأَلُكَ العِصْمَةَ فِيْهِ مِنَ الشَّيْطَانِ وَأَوْلِيَائِهِ، وَالعَوْنَ عَلَى هٰذِهِ النَّفْسِ الأَمَّارَةِ بِالسُّوْءِ، وَالاِشْتِغَالَ بِمَا يُقَرِّبُنِيْ إِلَيْكَ زُلْفَى يَا ذَا الجَلَالِ وَالإِكْرَامِ

Allahumma anta al-Abadiyyu al-Qadimu al-Awwalu wa 'ala fadhlika al-'azhimi wa karimi joodika al-mu'awwalu, wa hadha 'aamun jadidun qad aqbal, as'aluka al-'ismata fihi mina ash-shaytani wa awliyaihi, wal-'awnah 'ala hadhihi an-nafsi al-ammara bi as-suu'i, wal-ishtighala bima yuqarribuni ilayka zulfan, ya dha al-jalali wal-ikram.

Artinya, "Ya Allah, Engkau yang Kekal, Abadi, Qadim, dan Awal. Dengan anugerah-Mu yang luar biasa dan kemurahan-Mu yang agung, Engkau menjadi sumber harapan bagi kami. Tahun baru telah tiba, dan kami berlindung kepada-Mu dari godaan setan dan pengikut-pengikutnya di dalam tahun ini. Kami juga berharap mendapatkan pertolongan-Mu dalam mengatasi hawa nafsu yang sering mendorong kami untuk berbuat jahat. Kami memohon petunjuk dari-Mu agar aktivitas kami sehari-hari mendekatkan kami pada rahmat-Mu. Wahai Tuhan yang memiliki Keagungan dan Kemuliaan yang tiada tara."

Baca Juga: Panduan Lengkap Idul Adha: Tata Cara Sholat, Bacaan Bilal, dan Khutbah Idul Adha

 

Waktu Mistajab untuk Membaca Doa Akhir Tahun Hijriyah

Waktu yang mustajab untuk membaca doa akhir tahun hijriyah guna mendapatkan ampunan Allah SWT. Doa akhir tahun sebaiknya dibaca setelah waktu Ashar hingga sebelum maghrib, pada tanggal 29/30 Dzulhijjah. Dengan melafalkan doa akhir tahun pada waktu yang ditentukan, kita berharap agar permohonan kita dikabulkan oleh Allah SWT.

Selain doa akhir tahun, doa awal tahun hijriyah juga memiliki waktu yang tepat. Doa awal tahun sebaiknya dibaca setelah maghrib, pada tanggal 1 Muharram. Hal ini dikarenakan perhitungan tahun Hijriyah dimulai setelah terbenamnya matahari. Dengan melafalkan doa awal tahun pada waktu yang ditentukan, kita mengharapkan agar mendapatkan berkah di awal tahun baru Hijriyah dan mengawali perjalanan kita dengan penuh kesucian dan keberkahan. Wallahu a'lam. [DM]

Kirim Komentar

Komentar Facebook

Artikel Menarik Lainnya

Hosting Murah se Indonesia

Arsip Artikel

Media Sosial

Facebook Twitter YouTube Instagram WhatsApp

Hosting Gratis

MHosting Gratis Rp.0

Komentar

Lestari marganinhrum
26 April 2024 09:40:01
Saya terdaftar pkh baru dan blom punya kks apakah bisa... selengkapnya
Zaky
25 April 2024 00:36:07
Saya mau dapat PIP, bagaimana cara mengajukannya?... selengkapnya
Topani Sahara
02 April 2024 21:28:46
Semoga artikel ini bermanfaat, ... selengkapnya
Topani
27 Maret 2024 18:33:27
Semoga bermanfaat... selengkapnya
Naning
21 Maret 2024 02:55:45
Kenapa kok dana pip yg lain keluar ini punya anak saya... selengkapnya
Topani
08 Maret 2024 16:10:05
Makasih pak Dafris... selengkapnya
Dafris
08 Maret 2024 15:16:52
Sukses ya...... selengkapnya
Sokewih
08 Maret 2024 10:46:14
Kenapa bpnt saya tidak cair?... selengkapnya
Satria setiawan wijaya
06 Maret 2024 16:47:49
Bagaimana cara mndaftarkan ank saya dpet pip... selengkapnya
Risdiyana
02 Maret 2024 15:48:40
Mohon bantuannya ..utk bisa mendapatkan PIP..Anak saya... selengkapnya

Sinergi Program

Lapak Tenggulang Baru
OpenDesa
PCNU Musi Banyuasin
The Express
SMP Hidayatut Thullab

Statistik Pengunjung

Hari ini:5.372
Kemarin:7.881
Total Pengunjung:64.476
Sistem Operasi:Unknown Platform
IP Address:172.71.254.245
Browser:Mozilla 5.0